PT. BMR
PT. BMR
Gapenri
+62 21 269 629 68 Mon - Fri 09:00 - 17:00 Grand Duren Tiga Office Building Blok A Lt. 4 Jakarta, Indonesia
+62 21 227 918 70 Mon - Fri 09:00 - 17:00 Jl. Duren Tiga Raya No. 9 Jakarta Selatan, Indonesia
SBU yang sudah terbit
Lotte Engineering - Meindo Elang Indah - Wijaya Karya
PT. Bina Mitra Rancangbangun
https://ww.ptbmr.co.id
Register

Surat Keterangan Laik Operasi

Sertifikat Laik Operasi adalah bukti pengakuan formal suatu instalasi tenaga listrik telah berfungsi sebagaimana kesesuaian persyaratan yang ditentukan dan dinyatakan siap dioperasikan (Definisi SLO: Permen ESDM No. 38 tahun 2018).

Dalam Undang-Undang Ketenagalistrikan terserbut dijelaskan juga ketentuan sanksi bagi pengoperasian instalasi tenaga listrik yang tidak memiliki SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO), sebagaimana dicantumkan didalam pasal 54, ayat 1 dijelaskan bahwa “Setiap orang yang mengoperasikan instalasi tenaga listrik tanpa SERTIFIKAT LAIK OPERASI sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)”.

Tujuan dari SLO Instalasi Kenagalistrikan

Tujuannya adalah untuk menciptakan suatu instalasi ketenagalistrikan yang standar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku dibidang ketenagalistrikan, sehingga tercipta suatu instalasi yang aman, andal dan Ramah terhadap lingkungan.

Cara Memperoleh SLO ketenagalistrikan

Cara memperoleh SLO Ketenagalistrikan sbb:

  1. Pemeilik Instalasi Mengajukan Permohonan SLO ke Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) terakreditasi
  2. Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) terakreditasi melakukan Uji Laik Operasi sesuai mata uji yang tertera dalam lampiran VIII PERMEN ESDM No.38 Tahun 2018.
  3. Jika Instalasi dinyatakan laik operasi berdasarkan hasil uji laik operasi,  maka Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) terakreditasi akan mengajukan nomor register SLO ke Pemerintah sesuai kewenangannya (DJK atau ESDM Provinsi)
  4. Jika Instalasi dinyatakan tidak laik operasi berdasarkan hasil uji laik operasi,  maka tidak diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO)

Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) terakreditasi menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) bagi intaslasi yang dinyatakan laik operasi  setelah nomor registrasi SLO diterbitkan oleh Pemerintah sesuai kewenangannya (DJK atau ESDM Provinsi).